loading...

Minggu, 22 Oktober 2017

Apakah Anda Terserang Penyakit, 6 Ayat Inilah Obatnya

HIDUP di dunia ini tidaklah senikmat seperti apa yang kita bayangkan. Seringkali kita menyangka bahwa ada beberapa orang yang tampak tidak mengalami kesusahan. Padahal, tidak demikian! Setiap manusia pasti memiliki masalahnya masing-masing. Sebab, Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti menguji setiap manusia di muka bumi ini. Bahkan, para utusan-Nya pun memperoleh ujian.


Salah satu bentuk ujian yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala ialah penyakit. Ya, sakit dapat menyerang siapa pun. Mulai dari sakit ringat hingga berat, ada di dunia ini. Tetapi, tenanglah, Allah tidak akan memberikan suatu ujian di luar batas kemampuan kita. Setiap penyakit pasti ada obatnya.

Kita sungguh beruntung memiliki Al-Quran. Mengapa? Sebab, Al-Quran adalah obat bagi penyakit apapun. Di dalamnya terdapat ayat-ayat khusus yang bisa kita jadikan sebagai penawar dari rasa sakit. Sedikitnya ada enam ayat syifa (penyembuh) dalam Al-Quran. Apa sajakah itu?

“… serta melegakan hati orang-orang yang beriman,” (QS. At-Taubah: 14).

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman,” (QS. Yunus: 57).

“Dan, Kami turunkan dari Al-Quran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang-orang yang dzalim (Al-Quran itu) hanya akan menambah kerugian,” (QS. Al-Isra’: 82).

“… Katakanlah Al-Quran adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman…” (QS. Fushshilat: 44).

“… Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” (QS. An-Nahl: 69).

“Dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku,” (QS. Asy-Syu’ara: 80).

Itulah enam ayat yang menjelaskan bahwa Al-Quran adalah obat bagi segala penyakit manusia. Membaca Al-Quran dapat menjadi pilihan terbaik kita ketika sakit. Sebab, dengan begitu, akan lebih mendekatkan kita kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, Sang Pemberi Kesembuhan. []

Referensi: Bermalam di Surga/Karya: Dr. Hasan Syam Basya/Penerbit: Gema Insani Jakarta 2015
(islampos)
loading...

0 komentar: